Aplikasi Kumparan, Pelopor Berita Terbaik Untuk Kita

Gambar: Aplikasi Kumparan di Smartphone

Tahun 2019 memang sudah berakhir, kini beranjak masuk di pertengahan tahun 2020. Tak terasa sudah sejauh ini kita melangkah menyusuri misteri tahun 2020. Lika liku perjalanan dari tahun ke tahun kini dengan mudah diabadikan dalam sebuah media. Kaleidoskop berbagai isu yang terjadi sepanjang tahun dapat terekam jelas dalam sebuah berita. Kini tahun 2020 telah terjadi banyak peristiwa dari awal tahun hingga pertengahan tahun ini pun dengan banyaknya berita yang sudah tertulis mengikuti terjadinya peristiwa itu. Berbicara sedikit mengenai berita, dulu berita disajikan dalam sebuah media cetak yaitu koran. Berkembangnya teknologi memberikan batu lompatan dalam penyajian berita yang kini berhasil didigitalisasikan pada media secara online. Telah lahir berbagai website penyedia berita dan bahkan kini merambat pada pengembangan aplikasi berita. Namun apakah semua berita akurat? 

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan mengkonsumsi berbagai berita setiap harinya, mulai dari berita politik, hingga sekedar berita entertainment  atau hiburan. Sayangnya tak sedikit masyarakat yang termakan dengan berita bohong dengan tingkat akurasi yang sangat rendah. Jika begitu, sia-sialah kita yang sudah termakan berita bohong, tak mengerti kebenarannya bagaikan mencari jarum dalam jerami. Pun dengan topik yang kini gencar diperbincangkan yaitu Covid-19. Begitulah upaya manusia, mencari berita sebanyak-banyaknya mengenai perkembangan kasus Covid-19 agar dapat menghindari penyakit itu. Kembali disayangkan, tak sedikit pula masyarakat Indonesia mendapatkan berita yang tidak valid dan tidak dapat dipertanggungjawabkan tingkat akurasinya mengenai Covid-19. Untungnya, Indonesia memiliki platform penyedia berita terbaik, Kumparan namanya. Kontribusi Kumparan sebagai platform penyedia berita di Indonesia tak perlu lagi diragukan. Kumparan berhasil memoles dirinya dengan mengembangkan berbagai inovasi yang apik mengikuti perkembangan jaman. Perkenalkan, Aplikasi Kumparan hadir untuk kita sebagai penyedia berita terbaik. Simak ulasannya!

Aplikasi Berita yang Punya Paket Komplit

Gambar: Tampilan Beranda (kiri); Tampilan Menu Terbaru (kanan)

Aplikasi Kumparan memiliki lima menu utama yaitu beranda, terbaru, koleksi, notifikasi, dan menu. Kelima menu tersebut siap memanjakan para pembaca menikmati berita yang beragam. Aplikasi Kumparan menyediakan berita yang lengkap dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Berita yang disajikan pun terkini, dan beragam yakni mencakup berbagai jenis berita. Tidak dipungkiri bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia tentu saja menginginkan berita yang terbaru dan beragam. Bukankah begitu? Yuk, kita bahas satu per satu! Aplikasi Kumparan menyediakan berita yang dilengkapi dengan adanya berbagai fitur pendukung lainnya. Memasuki tampilan awal aplikasi yakni beranda, pembaca akan disuguhkan berbagai berita yang direkomendasikan oleh Kumparan. Selain itu, pembaca akan menemukan beberapa fitur di antaranya yaitu fitur trending, koleksi, kumparan derma, opini dan cerita, video, serta pusat informasi corona terkini. Pembaca akan mudah memantau berita yang sedang trending dan sekaligus dapat melakukan donasi di aplikasi tersebut. Berita yang disajikan akan selalu update, sehingga pembaca tak perlu takut ketinggalan berita terkini yang sedang hangat diperbincangkan. Selain itu, berita yang disajikan beragam, mulai dari hiburan hingga berita olahraga. Bagusnya juga, tersedia juga berita luar negeri yang akan semakin membuat pembaca selalu update mengenai perkembangan dunia. 

Sajian Berita Menyesuaikan Minat Pembaca

Gambar: Pilihan Kanal Informasi di Aplikasi Kumparan

Kumparan memang selalu mengerti apa yang kita inginkan. Keunggulan aplikasi ini yang paling istimewa adalah Aplikasi Kumparan didesain khusus menyesuaikan minat pembaca. Nah, kita bisa menentukan pilihan berita apa saja yang sesuai dengan keinginan kita. Caranya cukup mudah, kita sebagai pembaca cukup memilih beberapa kanal informasi yang muncul di aplikasi kumparan seperti pada gambar di atas. Setelah melakukan pemilihan, maka Aplikasi Kumparan akan menyajikan rekomendasi berbagai berita sesuai dengan pilihan tersebut. Jangan khawatir, aplikasi ini sangat cocok bagi perempuan maupun laki-laki, karena terdapat pilihan kanal yang sarat dengan kegemaran masing-masing secara umum. Pembaca tak perlu takut tertinggal berita yang sesuai dengan minat, karena setiap ada update berita terbaru yang sesuai dengan pilihan kanal ini, berita tersebut akan muncul di menu notifikasi. Wow, sangat spesial bukan?

Spesifikasi Konten Berbasis AI (Artificial Intelligence

Gambar: Klasifikasi Koten menggunakan AI

Artificial Intelligence merupakan suatu kecerdasan buatan yang telah berkembang sejak beberapa tahun lalu. Perkembangan jaman yang kian pesat memaksa adanya berbagai kecerdasan buatan yang diciptakan. AI mulai dikembangkan berawal dari sistem komputer dan kini berkembang hingga ke berbagai bidang. Kumparan berhasil memadukan AI dalam sistem penyediaan berita di aplikasinya. Lalu bagaimana wujud AI dalam Aplikasi Kumparan? AI digunakan dalam pengelompokan jenis berita yang sesuai dengan minat atau ketertarikan dari pembaca. Misalnya seperti pada gambar di atas, berita disajikan dalam beberapa kelompok, misalnya tentang olahraga. Jika pembaca ingin mendalami berita olahraga, maka pembaca cukup klik cover berita olahraga dan pembaca dapat menikmati berita maupun artikel olahraga yang berasal dari berbagai penulis. Wujud lain penggunaan AI dalam Aplikasi Kumparan yakni tersedia notifikasi rekomendasi beberapa berita sekaligus yang sesuai dengan minat pembaca. 

Tersedia Akses Donasi Terpercaya

Gambar: Fitur Donasi Kumparan Derma

Aplikasi Kumparan memang benar-benar diciptakan guna berkontribusi kepada negeri Indonesia. Bukan hanya sekedar penyedia berita, namun terdapat akses berdonasi bagi pembaca yang ingin membaca berita sekaligus berdonasi untuk masyarakat yang kekurangan. Tersedianya akses donasi di aplikasi ini menjadi nilai lebih bagi Aplikasi Kumparan. Transparansi keuangan disajikan dengan detil sehingga tidak membuat pembaca ragu untuk melakukan donasi. Jumlah hari yang dan dana yang ditargetkan pun ditampilkan dengan jelas. Akses donasi pun sangat mudah dilakukan. Selain hanya membaca berita, pembaca akan lebih mudah menyalurkan sebagian rejekinya melalui aplikasi ini. Ini semakin menguatkan bukti bahwa Aplikasi Kumparan adalah aplikasi berita terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur bermanfaat di dalamnya

Tersedia Jenjang Karir, wow!

Gambar: Tampilan Menu pada Akun Kumparan

Kabar baik bagi pengguna Aplikasi Kumparan, lagi-lagi Kumparan bukan hanya menyediakan berita namun juga memberikan kebebasan bagi pengguna aplikasi ini untuk berkontribusi menulis artikel di bawah lisensi Kumparan dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk memiliki akun kumparan. Selain itu, pada aplikasi kumparan terdapat menu karir yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengikuti jenjang karir yang ada di Kumparan. Artinya, setiap pengguna aplikasi Kumparan berkesempatan bergabung dan bekerja menjadi tim Kumparan selama memenuhi persyaratan yang ada. Nah banyak kan manfaat yang didapatkan dari aplikasi ini?

Dilengkapi Informasi Corona Terkini

Gambar: Fitur Pusat Informasi Corona

Nah, satu lagi keunggulan dari Aplikasi Kumparan. Tersedia pusat informasi corona yang setiap hari terus diperbarui. Berita seputar corona akan terus gencar dicari dan diperbincangkan selama pandemi Covid-19 masih belum selesai. Pusat informasi corona yang ada di Aplikasi Kumparan ini menyajikan berbagai informasi Covid-19, yang masing-masing diklasifikasikan ke dalam beberapa topik bacaan. Mulai dari informasi pemahaman virus corona, pencegahannya, perkembangannya di Indonesia, dan tersedia pula kumpulan doa berbagai agama yang ada di Indonesia. Semua berita mengenai corona akurat dan diperoleh dari sumber yang terpercaya.

Satu Aplikasi Mampu Menggenggam Dunia

Gambar: Download Aplikasi Kumparan di Google Playstore

Dapatkan informasi berbagai jenis berita, artikel hingga opini di Aplikasi Kumparan. Rasakan sensasi berselancar mencari informasi Indonesia maupun luar negeri dengan akurat dan terpercaya yang pasti terkini. Nikmati kelebihan lain selain membaca berita, kita dapat berkontribusi menulis artikel maupun opini sehingga dapatkan #BerkahMenulisdiRumah serta hal yang terpenting lain bisa sekaligus bersedekah melalui fitur donasi. Tak lupa kita pun bisa mengikuti jenjang karir yang diselenggarakan oleh Kumparan, tetap #TenanguntukMenang. Kemudahan akses segala konten di aplikasi ini sangat memberi kesan baik, serta dapat diakses dengan sederhana di smartphone. Download aplikasinya sekarang juga! Aplikasi Kumparan "Relevant, Engaging, Technology driven".

Gambar: Banner Lomba Blog Kumparan

#TenanguntukMenang #BerkahNulisdiRumah

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Informasi amat membantu kak, thanks.. Kita jadi nggak ketinggalan berita terbaru..

    BalasHapus
  3. Aplikasi kumparan memang memiliki tampilan interface yang simpel sehingga membuat pengguna mudah dan nyaman dalam menggunakannya. Berita nya juga selalu terkinin dan terpercaya. Aplikasi ini benar2 membuat masyarakat mudah mendapatkan berita yg uptodate

    BalasHapus

Posting Komentar