Berwisata ke Goa Pinus Kota Batu



           Menjelajahi Kota Batu memang takkan ada habisnya. Hampir setiap tahunnya kota ini menciptakan inovasi tempat wisata baru. Memang benar, kota ini layak dijuluki sebagai kota wisata. Kali ini aku menyempatkan diri mengunjungi Goa Pinus yang berada di perbukitan kota ini. Yuk, simak ceritaku!

Jalan menuju Goa Pinus
          Lokasi Goa Pinus ini berdekatan dengan lokasi Paralayang. Bagi kamu yang akan mengunjungi Goa Pinus dengan arah tujuan dari Kota Malang, kamu hanya perlu megikuti denah paralayang. Cukup mudah jika titik awalmu adalah Kota Malang. Kamu bisa melalui jalan Tlogomas, hingga menuju Kota Batu di mana rutenya hanya lurus saja dan mengikuti denah tersebut. Lebih tepatnya, letak Goa Pinus ini berada sebelum Paralayang. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena lokasinya saling berdekatan dengan Paralayang dan Taman Kelinci, namun jalannya cukup sempit untuk bisa dilalui 2 mobil secara bersamaan. Setelah kamu melewati Taman Kelinci, kamu akan melihat gapura bertuliskan "Goa Pinus" yang terbuat dari kayu. Jika kamu lebih tertarik menggunakan bantuan Google Maps, mungkin akan menjadi ide bagus, kamu cukup menelusurinya dengan kata kunci "Goa Pinus Batu" atau alamat Gg. Mbah Ba'i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa TimurKamu cukup masuk di lokasi tersebut dan memarkirkan kendaraanmu di tempat yang telah disediakan. Hey jangan khawatir, biaya parkir hanya kisaran Rp. 2,000 sampai Rp. 5,000 saja.

Bagi kalian yang tidak menggunakan kendaraan pribadi
        Jangan khawatir! Bagi kalian yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, dapat menggunakan jasa angkutan umum, namun angkutan ini hanya mencapai terminal angkutan di Kota Batu. Jika kamu berawal dari Kota Malang,  ambil saja contohnya dari daerah Dinoyo, kamu perlu menaiki angkutan umum berwarna biru dengan kode AL ataupun ADL. Nantinya angkutan tersebut akan berhenti di Terminal Landungsari, nah setelah itu kamu perlu berganti angkutan dengan menaiki angkutan warna hijau. Setelah kamu sampai di terminal Kota Batu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa transportasi online menuju gang Songgoriti (sebelah pom bensin). Kemudian kamu melanjutkan menuju lokasi Goa Pinus menggunakan ojek lokal yang ada di gang tersebut. Alternatif lainnya adalah kamu menggunakan transportasi online langsung menuju lokasi, namun perlu diketahui, transportasi online hampir tidak ada di puncak lokasi, karena lokasinya yang jarang sekali ada driver. Tipsnya adalah kamu harus menyewa kendaraan online tersebut hingga akhir kamu menikmati wisata, dengan kata lain driver akan menunggumu hingga selesai. Sabar ya, cukup rumit memang jika tidak menggunakan kendaraan pribadi. 

Review Goa Pinus
       Akhirnya sampai! Kata itulah yang akan keluar dari mulut, setelah perjalanan yang cukup jauh, ketika kamu sampai di lokasinya terasa lega. Pemandangannya sangat asri untuk dirasakan oleh mata. Udara yang segar sangat menenangkan pikiran. Kamu akan berjalan melalui pintu masuk, di mana pintu masuk tersebut berada setelah tempat parkir (sejalan). Harga tiket masuk hanya Rp. 10,000. Gambaran lokasinya yaitu jalan setapak yang cukup lebar di awal dengan pemandangan pohon pinus yang rindang di kanan serta kiri jalan. Sisi kanan jalan adalah dataran rendah sedangkan sebelah kiri adalah dataran tinggi. Sebenarnya Goa Pinus ini pemandangannya bagus, hanya saja ekplorasi wisatanya kurang maksimal. Spot foto yang ditawarkan hanya beberapa saja, tetapi memang foto yang dihasilkan jika berfoto di spot foto itu tidak akan mengecawakan. Apa kamu ingin berfoto di spot kece itu? Jangan lupa siapkan uang Rp. 5,000 - Rp. 10,000 ya untuk mendapatkan itu. Kamu akan dibawa berjalan menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian Goa Pinus, serasa berada di atas awan! Kamu cukup ikuti alur jalan setapak yang ada untuk menikmati pemandangannya. 
             Tak hanya pohon pinus! Masih ada banyak tanaman cantik yang tumbuh di lokasi tersebut. Cocok jadi spot foto untuk kamu, tergantung cara kamu mengambil angle dari sisi yang pas. Jangan merusak tanaman hanya untuk narsis ya! Jika kamu lapar jangan khawatir, karena ada beberapa warung yang menjajakan makanan ringan hingga makanan berat, tak lupa jual minuman juga. Jadi, kapan kamu akan mengunjungi Goa Pinus? Yuk, agendakan segera! 

Komentar

Posting Komentar